Daftar Gaji PNS 2012

Download Peraturan Pemerintah :
PNS
PP Nomor 15 Tahun 2012
Lampiran PP No 15 Tahun 2012
TNI
PP Nomor 16 Tahun 2012
Lampiran PP Nomor 16 Tahun 2012
Polri
PP Nomor 17 Tahun 2012
Lampiran PP Nomor 17 Tahun 2012
Gaji Golongan I dan II

Gaji Gol III dan IV


comments

98 Comments

  • Pegawai Negeri Sejahtera
    February 16, 2012 - 1:19 pm | Permalink

    Alhamdulillah, tinggal nunggu lagi Perpres Tentang Remunerasi terhadap 20 K/L yang disetujui atau 16 K/L. Ada Info Bung Setagu? Trm kasih atas infonya …

  • pns gol rendah...
    February 16, 2012 - 11:10 pm | Permalink

    kenaikan gaji selalu ga seimbang…makin tinggi golongan nya makin tinggi naik nya dan semakin rendah golongan nya maka akan sebalik nya….

    • pns gol rendah sekali
      February 17, 2012 - 8:43 am | Permalink

      setuju dengan saudara saya yg pns gol rendah…
      LIKE THIS BANGET DEH….!!!

  • February 17, 2012 - 9:29 am | Permalink

    betul pemerintah kurang adil dan kurang bijaksana dalam memutuskan kebijakan kenaikan gaji pns dan tni, karna kenaikan gaji pangkat/gol yang tertinggi dan pangkat/gol terendah oleh pemerintah kenaikan gajinya selalu disamakan, sehingga antara pangkat/gol tertinggi dan pangkat/gol terendah perbedaannya sangat jauh. Saya atas nama masyarakat dari Sabang sampai Merouke mengusulkan kepada Bapak Presiden, Bapak Mentri dan Bapak-Bapak DPR kalau bisa untuk kenaikan gaji PNS dan TNI yang berpangkat/gol tertinggi jangan di samakan untuk kenaikannya jadi kalau bisa untuk pangkat/gol terendah lebih tinggi kenaikannya dari pada pangkat/gol tertinggi, jadi nantinya perbedaannya tidak terlalu jauh.

    • Jujur
      February 17, 2012 - 1:47 pm | Permalink

      Justru perbedaan gaji antar pangkat di Indonesia terlalu kecil!!! PNS tamatan SD gajinya ga jauh beda dg yang tamatan S3 (Doktor), padahal tingkat kesulitan pekerjaan mereka sangat berbeda

    • February 18, 2012 - 9:23 pm | Permalink

      jd maksud lo gaji pns dibuat sama rata antara yg pangkat tinggi ama yg pangkat rendah?

      • fauzi
        February 19, 2012 - 12:25 am | Permalink

        hahahaha………..kalo mau disamain ga usah padasekolah aja biar jadi pesuruh semua…biar semua pada iba…hahahahaha…….haduh pusing gw liat pemikiran rakyat negeri ini….justru yang sekolah d PNS itu yang harusnya lbh dibedakan…biar yang ga sekolah punya semangat buat ngembangin diri mereka

        • wow
          February 19, 2012 - 5:34 am | Permalink

          setuju. Ngapain sekolah tinggi2 klo gaji gol tinggi sama gol rendah hampir sama, ga ada insentif, mestinya jauh lah, shg org yg berpendidikan tinggi merasa dihargai oleh pemerintah.

        • MARSINKH
          March 8, 2012 - 3:34 pm | Permalink

          BENAR ITU KANG FAUJI, MASA TAMATAN SD SAMA GAJINYA DENGAN TAMATAN DOKTOR LAGI PULA NGG SADAR YA PPH SAJA GOL 2,3,3 BEDA SYUKURIN NEGARA MASIH KASIH GAJI DO…. TW BILANG TUH AMA GOLONGAN RENDAHAN, MKX KLW JADI PEGAWAI JGN MELAMAR DENGAN IJASAH RENDAHAN SPY TDK DAPAT GAJI RENDAHAN

          • April 12, 2012 - 2:59 pm | Permalink

            gol tinggi tu pinternya korup juga masak hr gini bs cpt kaya,pelihara tuyul kali yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
            :mad: :evil: :?: :?: :?: :?: :?:

    • dawar warman
      September 4, 2012 - 9:21 am | Permalink

      dodol ahh ribut terus masalah gaji…bersyukur euyyyyyyy…jgn di liat gol rendah atau tinggi yng penting kualitasnya jujur,dan bisa melayani masyarakat itu dodol

    • dawar warman
      September 4, 2012 - 9:24 am | Permalink

      :twisted: :twisted: dodol ahh ribut terus masalah gaji…bersyukur euyyyyyyy…jgn di liat gol rendah atau tinggi yng penting kualitasnya jujur,dan bisa melayani masyarakat itu dodol, percuma sekola tinggi tinggi kalau kelakuanya kaya babi hutan…..

  • BPOM
    February 17, 2012 - 10:53 am | Permalink

    mau tanya om setagu
    kalau glo. II c masa kerja 3 tahun kenaikannya ?
    thanks

  • warga negara indonesia
    February 17, 2012 - 3:03 pm | Permalink

    Yg namanya pangkat tinggi ya otomatis pendidikan tinggi,, pangkat rendah ya pendidikan rendah,, jd ya setimpal lah, masa pendidikan SD minta gaji setara S3. introspeksi donk….

  • pns gol IIIa
    February 17, 2012 - 11:12 pm | Permalink

    pns gol tinggi jg dlu kn dr gol rendah,…n klo d total jumlah pns gol tinggi lebih sedikit jika d bandingkn pns gol rendah

  • gundul
    February 18, 2012 - 2:41 pm | Permalink

    udah terima aja apa adanya dari pada nggak naik sama sekali….toh dg naik lebih besar masih tidak akan cukup untuk memenuhi standar hidup di jaman sulit ini…..

  • raden sumantri
    February 19, 2012 - 1:11 pm | Permalink

    alhamdulillah langganan internetnya bisa diperpanjang….

  • Adil
    February 20, 2012 - 10:38 am | Permalink

    Biar adil kalau naik 10% ya 10% semua, jadi gak pada ribut, woke?

  • JABRIK
    February 20, 2012 - 12:50 pm | Permalink

    INI SIH BUKAN NAIK! TAPI PENYESUAIAN BRO!! LO GAK PADA MIKIR APA INFLASI SUDAH MO DUA DIGIT?? GAJI MA INFLASI KEJAR2AN…NAEK SEGITU SIH NOMBOK YG ADA MALAH!!

  • February 21, 2012 - 8:20 pm | Permalink

    mereka aja yang PNS masih terus mengeluh meski gaji mereka naik terus, bagaimana dengan kami Guru yang masih belum PNS, yang tugasnya sama saja dengan guru yg udah PNS tapi pendapatan per bulannya tidak lebih dari Rp. 300.000,- sungguh sebuah pendapatan yang sangat memperihatingkan, tapi kami sebagai guru honorer tidak berani mengeluh, bahkan terkadang jika kami mendapat tunjangan Fungsional itu pun masih banyak potongan disana-sini, mana keadilan negeri ini…..
    Wahai para pemegang kekuasaan negeri ini, Tolong perhatikan juga kami, karena kami juga manusia dan punya anak , istri dan keluarga

    Dari kami mewakili guru Madrasah non PNS di KABUPATEN LUWU SULSEL
    Jasri Ridwan

  • shelby
    February 21, 2012 - 11:11 pm | Permalink

    skrg pada umumnya guru lebih besar pendapatan daripada gaji karna mreka punya sambilan ngeles atau ngajar tambahan dirumah seminggu 3X Rp. 100.000/siswa/bln lumayankan …bahkan pada bisa beli mobil….hahaha

  • shelby
    February 21, 2012 - 11:13 pm | Permalink

    :roll:

  • Nanda
    February 21, 2012 - 11:16 pm | Permalink

    biar gaji naik segede apapun gak sampe juga ketangan sang istri….karna suami doyan selingkuh sana sini gak jujur pula…..

  • CALON MENTERI
    February 22, 2012 - 9:16 pm | Permalink

    masyarakatku rakyat Indonesia tercinta, jangan diributkan soal kenaikan gaji sekarang ini. Kenaikan ini sudah diperhitungkan masak-masak oleh para ahli yang sekolah dan pengalamannya teruji dengan baik. Lihat saja nanti kalau sudah terima gaji banyak, tapi masih tidak maksimal kerjanya maka akan ada tindakan, yaitu dinaikkan lagi gajinya.

  • Ahmad Fajri Hadi
    February 23, 2012 - 9:54 am | Permalink

    Alhmdulillah ya Rabb.., akkhirnya ada juga sedikit yg masih bisa diterima mulai bulan depan… ^_^,

  • PARE
    February 23, 2012 - 11:08 am | Permalink

    :grin: :grin:

  • PARE
    February 23, 2012 - 11:10 am | Permalink

    ALHAMDULILLAH, BISA BUAT BIAYA KULIAH, AMIIIN

  • nindy
    February 23, 2012 - 12:55 pm | Permalink

    alhamdulillah ya Allah. masi mending naik gaji. temen2 jgn liat ke atas mulu dong..coba liat kebawah..kasian sdr2 kita yg masih pd susah hidupnya..mau makan aja susah..msti cari sisaan orang di tong sampah..astagfirullah.. bersyukurlah kita yg msh dikasih rezeki brlimpah.

  • DAMAYANTI
    February 23, 2012 - 2:02 pm | Permalink

    KAPAN REMUNERASI KEMENAG CAIR KATANX BERLAKU SEJAKJANUARI 2011 TP SMP SEKARANG KOQ BELUM TEREALISASI?

  • DAMAYANTI
    February 23, 2012 - 2:03 pm | Permalink

    KAPAN REMUNERASI KEMENAG CAIR KATANX BERLAKU SEJAK 2011 JANUARI KOQ SMP SEKARANG BELUM TEREALISASI

  • iwenk
    February 24, 2012 - 1:52 am | Permalink

    pemerintah hanya lbh mensejahtrakan pegawai pusat jah
    dbndg daerah
    coba kta tengok ke daerah para pns dah sejahtra blm. Enack nya pegawai pusat dunk da remunerasi dah nyipin uang kesejahtraan yg di daerah 10 th kmudian. Weleh weleh weleh

  • budi mulyanto
    February 24, 2012 - 9:27 pm | Permalink

    ALHAMDULILAH GAJI KITA NAIK LAGI, NANTI INSYA ALLAH DAPAT GAJI KE 13

  • February 26, 2012 - 10:31 pm | Permalink

    Sekolah tinggi, tinggi juga koruptornya, gaji besar makin besar koruptornya mending gaji kecil kalau korupsi wajar

  • February 26, 2012 - 11:41 pm | Permalink

    mas setagu yg terhormat saya mau nanya kira2 kapan untuk pembayaranya mas,,emang bener mas remon untuk TNI naik jd 70%

    • Setagu
      February 27, 2012 - 7:15 am | Permalink

      Pembayaran rapel paling lambat Maret sedang untuk gaji paling lambat April harus sudah memakai besaran yang baru.

      Seperti yg pernah dibahasp perubahan kenaikan nomina tunjangan kinerja harus melalui proses yang hampir sama dg proses persetujuan awal tun kin.

      Pertama harus ada penilaian awal dari Tim RBN apakah reformasi birokrasi di TNI yang sudah setahun lebih berjalan ada kemajuan shg layak diberi kenaikan atau tdk. Berdasarkan penilaian itu kemudian dibahas lagi oleh tim yg melibatkan juga Kemenpan dan Kemenkeu untuk diajukan ke DPR.

      Tentunya jika ada perubahan besaran harus ada Perpres baru utk mengganti atau merivisi yg lama. Selama Perpres blm dicabut, nilainya tetap sama.

      Dan sampai saat ini belum ada evaluasi di TNI oleh Tim/komite RBN.

  • dwi nugroho
    February 29, 2012 - 11:32 am | Permalink

    Sesama PNS daerah yang tidak akan pernah bisa merasakan remunerasi, membayangkan saja susah, harus segera mencari obyekan di luar, biaya hidup semakin mahal..dan harus ” PROFESIONAL” dalam bekerja

  • agus sofyan
    March 1, 2012 - 7:10 pm | Permalink

    syukuri saja kawan…jangan pada banyak bacot….

    • MARSINKH
      March 8, 2012 - 3:43 pm | Permalink

      bener kang agus apa yang ada disukurin aje sedikit tw banyak itu rejeki/ anugrah, masih banyak saudara-saudara kita diseanteru dunia yang masih banyak kekureangan. cuman pesan saya buat PNS-PNS klw gaji naik baringi dong ama pelayanan pd masyarakat bukan untuk lomba-lomba ke Bank tuk gadaikan gaji, akhirnya malas deh kantoran!!!!!

  • March 12, 2012 - 1:33 pm | Permalink

    mo nanya nee ma om Setagu yang terhormat…
    kalo …. di BMKG kapan yaa.. Remunerasinya..?
    kami kan dah ada tim RB… trus masuk dalam grade2nya,… itu fungsinya untuk apaka..??
    makasih om Setagu yang selalu di hati….!!

  • JABRIK
    March 12, 2012 - 2:08 pm | Permalink

    KENAPA PEMERINTAH PILIH KASIH DGN INSTANSI2 LAIN?? KENAPA WAKTU PMBERLAKUAN REMUNERASI DI KEMENKEU TDK BERBELIT SPRTI INSTANSI SKRG YG MSTI NYUSUN PROPOSAL AND TETEK BENGEK SGLA?? SODARA2 SKLIAN PRLU TAHU…PGWAI KEMENKEU TUH MMG SDH JDI PGAWAI STAF REPUBLIK INI NO.1! YG LAEN DIANGGAP BENALU..DIBAWAH INI DAFTAR TUNJANGAN2 YG DITERIMA PGAWAI KEMENKEU :
    A. Tunj. Khusus Pembinaan Keuangan Negara/TKPKN= 1,33 – 46,95 jt per orang
    B. Tunj. Kegiatan Tambahan/TKT= 2,6 – 9,5 jt (utk staf pelaksana); 7,2 – 20jt (utk pjabat struktural)
    C. Imbalan Prestasi Kerja/IPK= 1,5jt/orang/bulan

    Belum lagi tambahan dari uang2 negara yg dikorupsi sprti GAYUS dan DHANA??

    • toni
      March 15, 2012 - 8:59 am | Permalink

      saya punya rekan di kemenkeu, kok dia ngajuin pindah ke pemda ya…
      cuma katanya… katanya lho tidak dikabulkan pindahnya, kecuali daerah tertentu apa gmana gitu.

      apa memang suana setelah renumerasi itu gak enak buat kerja atau gmana tho?
      mohon disharing untuk rekan yang memang tahu bener.. bukan yg merasa tahu ya..
      biar kita PNS itu tahu nanti kalau sudah reformasi birokasi itu gmana-gmannya..
      trims…

      • DATUK
        March 15, 2012 - 4:12 pm | Permalink

        Katanya sih iklim setelah dpet remun itu kerjanya kaya BURUH! Telat 1 menit potong gaji! Ga msuk walau skit dan ada srt dokternya, ijin ambil raport anak..potong gaji! Nah setiap masuk telat itu ntar diakumulasi jika lebih dari 7,5 jam dianggap 1 hari..bila ini sdh 5x 71/2jam dapet SP1! Masuk terus tnpa telat tpi klo kinerja dibawah 30% dapat Surat Peringatan! Kerja kya gitu mana enaaaaak walau gaji gede??? Yg ada stres trus mati!!

    • fahera zileo
      April 16, 2012 - 9:27 pm | Permalink

      :evil: ya ya yaa pemerintah tk perpihak pd kaum rendahn yg d utamakn hny ksejahteraan kemenkeu …kemenkeu & kemenkeu :twisted:

    • knorr einherjarr
      July 23, 2012 - 11:40 am | Permalink

      mengenai poin A: memang benar perhitungannya seperti itu…tetapi dilihat juga bahwa mayoritas yg mendapat tkpkn adalah pegawai rendahan dgn nominal antara 1-3 jt sedangkan yg 40jt itukan pemimpin2nya alias eselon 1 yg jumlahnya 12 orang saja..

      poin B: tkt setahu saya yg dapat hanya ditjen pajak(pegawainya 30rb), mengenai nominalnya saya tdk tahu. sehingga masih ada 30rb pegawai selain pajak yg tdk mendapat tkt.

      poin c: mengenai IPK saya tdk tahu.

  • Ical-Ichul
    March 13, 2012 - 10:56 pm | Permalink

    Mudah2an kita dijadikan Alloh sebagai ummat yang bersyukur.. gaji naik syukur..!!! bensin naiik… ??? sudah buat sj tersenyum! masih dalam hati kurang linear… makasih

  • Dana Jayus
    March 14, 2012 - 5:03 pm | Permalink

    PNS yang masih ngeluh gaji kecil mending resign aja dan alih profesi jadi pengusaha atau kerja keras di swasta. Jangan cari kaya dan hidup mewah kalau mau jadi PNS karena semua kebutuhan hidup PNS sudah ditanggung sama negara (baca: pajak rakyat/pegawai swasta dan pengusaha).
    Jadi PNS tahu diri n bersyukur knapa susah bgt sih?

    • jancukers
      April 19, 2012 - 2:42 pm | Permalink

      hehehe…
      mungkin bukan mengeluh tp minta hak nya, pns juga kerja bukan orang nganggur, pns juga bayar pajak oom…yg kaya lo bilang itu mungkin kerabat lo yg jd pns dan ga punya kerjaan..atau termasuk yg goblok dan lewat pintu blkg…hehe

  • March 31, 2012 - 7:31 pm | Permalink

    Sungguh aneh pemikiran PNS jaman sekarang,kita bekerja hanya karna Allah.
    bukan karna gaji atau lainya, kewajiban kita kerjakanlah, gaji berapapun ALHAMDULILLAH…Allah masih memberikan rizkinya kpda kita.

  • Sugie
    April 2, 2012 - 2:21 am | Permalink

    Saya terkadang masih bingung ternyata sudah gaji besar masih banyak yg korup. Ya korupsi uang maupun waktu. Belum lagi aparat yg menindas rakyat kecil.mereka tdk sadar bahwa gaji mereka berasal dari uang rakyat yg berasal Dr pajak.

  • Way Of Life
    April 2, 2012 - 12:21 pm | Permalink

    Apapun Profesi Kita … Jalani Dengan Baik dan Jangan Melalaikan/Khianat Padanya … Berapapun Hasil Yang Kita Dapat … Tetap Syukuri Karena Semua Itu Rezeki Dari Tuhan … Ingat !!! “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku amat pedih” (Ibrahim : 7).

  • puryadi
    April 4, 2012 - 12:42 pm | Permalink

    bayangin klo uang saku anak sd disamain jumlahnya dg anak kuliahan. :oops:

  • April 12, 2012 - 4:21 pm | Permalink

    KAMI MELAYANI PENGAYAAN BUKU DANA ALOKASI KHUSUS ( DAK )kami melayani terima cetak yasin,majmu’ syarif,spanduk,kartu nama,brosur,bon,nota,faktur,leaflet,banner,dll
    Kami menyediakan buku-buku baru dan menyediakan layanan antar ke seluruh Indonesia.Toko Buku Dunia Ilmu Palasari bekerja sama dengan berbagai Penerbit.Dan kami terus mengembangkan kerjasama dengan penerbit lainnya untuk melengkapi produk dan katalog di Toko Buku Dunia Ilmu Palasari.
    UNTUK PEMESANAN SMS/TLP.
    OWNER : HADLI
    081220000202 – 022-70080048
    NO. NPWP.88.210.175.1.424.000
    ATAU LANGSUNG KUNJUNGI TOKO KAMI
    TB. DUNIAILMU PALASARI
    BLOK K. NO.15,16,17 Depan Lapangan Parkir Mobil
    BELAKANG- BANDUNG
    CABANG KAMI :
    TB. DUNIAILMU PALASARI
    jln palasari no 19 depan smp bhayangkari

  • April 17, 2012 - 6:03 pm | Permalink

    Memang sekarang ini , PNS seperti dibeda bedakan, pangkatnya sama tapi gajinya beda beda, mendingan batalkan saja remunerasi, anggarannya biasa untuk mencukupi kebutuhan rakyat kecil, kalau nuruti hawa nafsu digaji seberapapun masih tetap merasa kurang, itulah manusia ,kalau kurang mengeluh, kalau dapat banyak tidak, bersyukur, ibaratnya dapat gunung emaspun masih kepingin lembah emas. :grin:

  • fidel
    May 6, 2012 - 12:23 am | Permalink

    hebat yah orang PNS gaji nya kecil tapi banyak yang kaya-raya melebihi pengusaha terutama gol IIID ke sana….. hiduuup anak bangsa

  • okta
    May 9, 2012 - 9:54 am | Permalink

    saya mw tanya untuk kenaukan pangkat berapa tahun,,lalu klw gaji golongan 11a klw di total sebulan dapet berapa duit

  • Joko Purwanto
    May 18, 2012 - 12:26 pm | Permalink

    Rata – rata yg kurupsi adalah PNS, Pegawai BUMN atau Pegawai Pemerintah yg lain, sudah kerjanya tidak maksimal, APBN/APBD habis untuk gaji Pegawai Seperti beberapa kasus di Kab/Kota dibeberapa daerah,- ini adalah kegagalan Kepala daerah untuk mengimplementasi apa arti BERNEGARA !

  • dudi
    May 22, 2012 - 6:56 pm | Permalink

    biasa manusia tamak selalu kurang

  • Apa aja bolee
    June 8, 2012 - 6:26 pm | Permalink

    Kalo masih protes soal gaji yaa jgn jd orang yang digaji tapi jadi Pengusaha sodara-sodara..(yg korupsi ga masuk hitungan ya)

    kalo adil atau tidak, swasta lebih adil..soalnya kerja tuh berdasarkan PERFORMANCE mau lo lulusan apapun..kalo pns santai ga santai tergantung golongannya..pantes outputnya hmmm begitulah

  • mustaugust
    June 14, 2012 - 8:22 am | Permalink

    Tulisan Gus Sholah, Harian Pelita 12 Juni 2012

    SELAIN korup, lamban, dan kurang profesional; birokrasi pemerintah kita juga punya banyak masalah lain, seperti terlalu gemuk, distribusi yang tidak merata, kesenjangan mutu antara pusat dan daerah, antarwilayah, dan ketidaksesuaian antara tugas suatu pos dan pejabatnya.

    Anggaran untuk birokrasi pemerintah menyerap jumlah besar dari APBN kita.

    Jumlah PNS 3.662.336 (2005)meningkat menjadi 4.646.351 (2011), suatu kenaikan sedikit di atas 25 persen dalam waktu 6 tahun. Belanja pegawai sebesar Rp54,3 triliun (2005) melonjak menjadi Rp182,9 triliun (2011), suatu lonjakan 350 persen. Belanja pegawai itu yang semula adalah 15 persen dari seluruh belanja pemerintah meningkat menjadi 20,1 persen dari belanja pemerintah. Pada RAPBN 2012 alokasi belanja pegawai menjadi alokasi tertinggi yaitu Rp215,7 triliun.

    Setelah era desentralisasi terwujud, seharusnya struktur organisasi kementerian dan lembaga di tingkat pusat lebih ramping karena tugasnya lebih pada pembuatan kebijakan dan pelaksanaannya ada di daerah. Ternyata jumlah direktorat jenderal dan direktur di kementerian bertambah. Di daerah organisasi perangkat daerah juga bertambah. Struktur organisasi pun terus membesar. Pemerintah provinsi yang sebagian besar fungsinya diambil-alih oleh pemerintah kabupaten dan kota, strukturnya tetap seperti dulu.

    Di daerah belanja pegawai lebih menyerap APBN. Menurut Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, secara rata-rata belanja pegawai menyerap 51 persen dari APBD keseluruhan. Analisis FITRA, pada 2011, ada 124 daerah yang beban belanja pegawainya > 60 persen dan 16 daerah mencapai 70 persan. Bahkan ada daerah yang menghabiskan 77 persen APBD-nya untuk belanja pegawai.

    Belanja pegawai yang membengkak di daerah otomatis mengorbankan alokasi belanja lain seperti belanja modal. Ada masalah lain yaitu tidak jelasnya pengaturan mengenai tambahan tunjangan pegawai daerah. DKI Jakarta memberi tambahan tunjangan pegawai setingkat staf sebesar Rp2,9 juta-Rp4,7 juta dan pejabat eselon satu sebesar Rp50 juta setiap bulan.

    Ada lagi beban akibat bertambahnya kabupaten, kota, dan provinsi baru. Juga bertambahnya LNS (Lembaga Non Struktural). Pada 2007 terdapat 76 LNS dan pada 2011 meningkat menjadi 101 LNS. Belanja meningkat dari Rp483,3 M menjadi Rp1,87 T. Selain itu ada program remunerasi di sejumlah instansi yang memakan anggaran besar. Beban yang memberatkan APBN itu mulai dikeluhkan pihak Kementerian Keuangan. Karena itu sejumlah pihak mulai mengusulkan moratorium penambahan PNS, tetapi tahun ini masih ada pengangkatan 125.000 PNS baru.

    Harus diakui bahwa gaji PNS kita masih rendah dan perlu ditingkatkan. Kalau program remunerasi dilakukan secara luas, beban belanja pegawai pemerintah akan semakin meningkat. Belum tentu juga program remunerasi otomatis akan memperbaiki birokrasi pemerintah. Yang paling penting ialah memperbaiki moral PNS sehingga kinerja mereka bisa menjadi baik.

    Kalau kinerja birokrasi seperti sekarang sulit diharapkan adanya hasil pembangunan yang sesuai harapan. Di hampir semua sektor terlihat aparat pemerintah tidak baik kinerjanya. Contoh: kerusakan hutan yang terus berjalan. Juga banyaknya tumpang- tindih dan sengketa lahan. Jadi harus ada kebijakan terobosan untuk memperbaiki birokrasi pemerintah. Salah satunya ialah usul untuk memberi pensiun dini bagi PNS yang tidak disiplin, tidak profesional akibat sistem rekrutmen yang penuh KKN. Setelah itu rekrutmen diperbaiki dan diterapkan dengan ketat.

    Reformasi birokrasi pemerintah harus meliputi perubahan sistem politik dan hukum secara menyeluruh, perubahan sikap mental dan budaya birokrat masyarakat serta perubahan pola pikir pemerintah dan partai politik (Prasojo dan Kurniawan, 2008). Reformasi birokrasi pemerintah harus menjadi prioritas utama dan dijalankan dengan serius. Mungkin reformasi birokrasi DJP bisa menjadi fokus sekaligus contoh soal karena sudah cukup kuat keinginan dari dalam untuk memperbaiki diri.(Salahuddin Wahid, Pengasuh Pesantren Tebuireng)

  • June 25, 2012 - 2:44 pm | Permalink

    Gajih naik berarti tanggung jawab dan kinerja pun harus ikut naik.
    jangan sedikit-sedikit ada kerjaan ditimpahkan kepada yang NON-PNS.
    Satu hal yang harus diingat, ketika mati semua yang kita kerjakan akan dipertanyakan mulai dari UMUR ,HARTA , DSB.
    INGAT BUAT PARA PEMEGANG KUASA (PEJABAT) HIDUP ITU 2X di DUNIA dan AKHIRAT.
    Salam.. :razz:

  • June 25, 2012 - 6:02 pm | Permalink

    semua pekerjaan di dunia akan di pertanyakan di akhirat nanti setelah kita meninggal maka itu seluruh harta yang kita miliki dan makanan yang kita makan nanti akan di pertanggung jawabkan di akhirat antara halal dan haram …….. mihon sebagai insan yang beragama patuhi segala ajaran agama

  • Doi
    July 8, 2012 - 10:24 am | Permalink

    :oops: :grin: :shock: :lol: :twisted:

  • sierra
    July 9, 2012 - 3:23 pm | Permalink

    Pekan Raya Jakarta (PRJ) sebagai bagian dari pesta perayaan ulang tahun DKI Jakarta adalah pesta bagi orang berduit. Pasalnya mau liat pameran aja mesti bayar dan tidak sedikit… 20.000/orang brooo.. DKI Jakarta kaya dong… tapi pemandangan kumuh koq dimana-mana ? Cape Deeehh

  • Ryndha
    July 18, 2012 - 2:55 pm | Permalink

    Jumlah pegawai negri mlimpah ruah (sampe 4jt org), hrsnya asumsinya pelayanan publik lebih mudah dan cepat, tapi nyatanya masih sering kaya dongdot gitu playanan utk masyarakat…

  • maswardi djamal
    July 19, 2012 - 7:24 am | Permalink

    Malasalah gaji tidak apa disesuaikan,melihat kenaikan harga setiap saat. cuma ketegasan HUKUM harus dijalankan maksudnya terdengar pejabat/pegawai itu korupsi berhentikan sementara dari jabatannya dan berikan telepon pada masyarakat tempat pengaduan,karena masyarakatlah yang lebih mengetahui sikap pejabat/pegawai ybs.dimana dia bertempat tinggal.apalagi zaman sekarang masyarakat kita tidaklah bodoh lagi,pengangguran sarjana cukup banyak tersebar di seluruh pelososok. dan pada pejabat/pegawai yang korupsi tersebut beri sanksi berat.demikian mudah-mudahan jadi perhatian kita semua.

  • hsn lodies
    July 22, 2012 - 11:36 pm | Permalink

    Wow intinya kinerja semakin besar gj semakin besar pula tuntutannya dhadapan allah karna semua itu ada pertanggung jawabannya dihadapan ilahi rabbi sy prib jg pns yg mengajar sekian taun namun sampai skrng gj pun djaman umar bakrie…..kapan gj guru pns kamenag seperti abu rijal bakri

  • Rahmat
    July 25, 2012 - 11:57 am | Permalink

    Pemerintah memang tidak adil, kenapa Kemekeu selalu di anak emaskan,dan KENAPA WAKTU PMBERLAKUAN REMUNERASI DI KEMENKEU TDK BERBELIT SPRTI SKRG, saya ini sebagai PNS pegawai rendahan, samapi saat ini belum juga keluar Remunerasi sampi kan saya hrs menunggu, anak saya sdh 4, kapan mendapat uang tambahan lgi, sekali lgi mohon Pemerintah Alias Bpk SBY, secepatnya Peraturan Presiden tentang Remunerasi di keluarkan saya sangat mengharpkan, cepetaaaaaaaaaaaaaaaann ……….. !!!!!! ditunggu ok

  • Rahmat
    July 25, 2012 - 12:11 pm | Permalink

    Wahai Pemerintah Bpk SBY yang mulia, saya pegawai PNS yang golongan rendah, pusing ude gaji kecil ga ada uang tambahan selain gaji, sekali lagi tolong Bpk SBY diperhatikan Pegawai PNS yg golongan rendah, padahal masalah pekerjaan lgh capeeeeeeeee, jangan di beda bedakan, kenapa guru yg selalu diperhatikan, padahal guru itu sdh lbh sejahtera, di tempat sya sja guru rata-rata sdh pada sejahtera.sdh pada punya kontrakan dan punya mobil, makanya sya tdk setuju klu guru pada menuntut kesejahteraan, kecuali guru2 yg di daerh terpencil sya dukung utk kesejahteraannya, klu guru2 yg di DKI atau yg di Pulau Jawa tdk usah dibantu lgi

  • Rahmat
    August 3, 2012 - 10:36 am | Permalink

    menurutku sudah adil…
    dinaikan sama rata.. misal kalo naik sama2 10%, yaa sama semuanya naik 10% dari gapok.
    toh gapoknya aja udah beda antara si bawahan n atasan atuh gimana mau sama nominalnya…
    yg bilang gak adil adalah orang yang gak punya otak dan gak bisa ngitung… begitu logisnya… tolol luh… :lol:

  • wisman
    August 23, 2012 - 5:51 pm | Permalink

    “kalian” yang udah pada jadi pns masih kurang punya rasa syukur
    sedangkan saya yang sejak kecil bercita cita jadi pns dan sampai saat ini belom tercapai dan sudah berusaha jadi cpns aja ga melihat besarnya gaji dan tunjangannya, yang penting bekerja untuk negara

  • anak negeri
    August 27, 2012 - 9:11 pm | Permalink

    BAndingkan gaji terendah PNS gol (1A) dengan UMP.

  • taufik abdillah
    September 17, 2012 - 12:23 pm | Permalink

    gue sarankan gaji pegawai negeri minim 10 juta…

  • September 28, 2012 - 8:56 am | Permalink

    pangkat duniawi hanya sementara …. pangkat akherat yang hakiki …… wassalam

  • santol
    October 25, 2012 - 11:01 am | Permalink

    ????? ????? ????? ???? ???????

    ??? ???? ?????? ??????

    Kepada yth,
    Bapak PNS, Swasta, & Semuanya

    Begitulah nasip-nasip PNS di Negara kita ini, banyak diantaranya terdapat penampilan PNS yang kurang menarik, terutama Guru PNS, yang terkadang sepatunya koyak rabak, pakainya pun tidak beraturan, itu semua karena minimnya pendapatan dibandingkan pengeluaran karena sudah kredit di BANK terdekat. Dan hal itu dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak.

    Sedih memang sedih, ya mau bagaimana lagi, tukar profesi aja kale ya. “? ????????? “? ????????? “?

    Dengan prihatin saya mengatakan, Gaji guru PNS khususnya di Daerah dan Pelosok sanagat tidak bisa dihandalkan, bukan untuk mencari kaya ataupun bermewah-mewahan, tapi begitulah keadaan NKRI yang kita bangga-banggakan ini. Semuanya terlihat di bawah batas wajar dalam kehidupan sebagai Aparatur Negara.

    Diketahui untuk tunjangan PNS khusus GURU gol rendah.

    1. Tunjangan Anak < 100.000,-/bln

    2. Tunjangan Istri < 200.000,-/bln

    3. Beras= 70.000,-/bln

    Dari daftar di atas, maka akan di dapatkan

    1. Sudah pasti anak akan kekurangan Gizi,

    2. Moga-moga Istri guru PNS pengertian

    3. Jelas sekali berdapak busung lapar n Mag

    MPR, Presiden, Menteri, DPR, dll,,, semuanya dari bangku sekolah…
    Lucunya di Negeri ini.
    "? ????????? "? ????????? "?

    Sekian Terima Kasih #

    ?????? ????? ????? ???? ???????

  • santol
    October 25, 2012 - 11:02 am | Permalink

    ????? ????? ????? ???? ???????

    ??? ???? ?????? ??????

    Kepada yth,
    Bapak PNS, Swasta, & Semuanya

    Begitulah nasip-nasip PNS di Negara kita ini, banyak diantaranya terdapat penampilan PNS yang kurang menarik, terutama Guru PNS, yang terkadang sepatunya koyak rabak, pakainya pun tidak beraturan, itu semua karena minimnya pendapatan dibandingkan pengeluaran karena sudah kredit di BANK terdekat. Dan hal itu dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak.

    Sedih memang sedih, ya mau bagaimana lagi, tukar profesi aja kale ya. “? ????????? “? ????????? “?

    Dengan prihatin saya mengatakan, Gaji guru PNS khususnya di Daerah dan Pelosok sanagat tidak bisa dihandalkan, bukan untuk mencari kaya ataupun bermewah-mewahan, tapi begitulah keadaan NKRI yang kita bangga-banggakan ini. Semuanya terlihat di bawah batas wajar dalam kehidupan sebagai Aparatur Negara.

    Diketahui untuk tunjangan PNS khusus GURU gol rendah.

    1. Tunjangan Anak < 100.000,-/bln

    2. Tunjangan Istri < 200.000,-/bln

    3. Beras= 70.000,-/bln

    Dari daftar di atas, maka akan di dapatkan

    1. Sudah pasti anak akan kekurangan Gizi,

    2. Moga-moga Istri guru PNS pengertian

    3. Jelas sekali berdapak busung lapar n Mag

    MPR, Presiden, Menteri, DPR, dll,,, semuanya dari bangku sekolah…
    Lucunya di Negeri ini.
    "? ????????? "? ????????? "?

    Sekian Terima Kasih #

    ?????? ????? ????? ???? ???????

  • santol
    October 25, 2012 - 11:04 am | Permalink

    ????? ????? ????? ???? ???????

    ??? ???? ?????? ??????

    Kepada yth,
    Bapak PNS, Swasta, & Semuanya

    Begitulah nasip-nasip PNS di Negara kita ini, banyak diantaranya terdapat penampilan PNS yang kurang menarik, terutama Guru PNS, yang terkadang sepatunya koyak rabak, pakainya pun tidak beraturan, itu semua karena minimnya pendapatan dibandingkan pengeluaran karena sudah kredit di BANK terdekat. Dan hal itu dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak.

    Sedih memang sedih, ya mau bagaimana lagi, tukar profesi aja kale ya. “? ????????? “? ????????? “?

    Dengan prihatin saya mengatakan, Gaji guru PNS khususnya di Daerah dan Pelosok sanagat tidak bisa dihandalkan, bukan untuk mencari kaya ataupun bermewah-mewahan, tapi begitulah keadaan NKRI yang kita bangga-banggakan ini. Semuanya terlihat di bawah batas wajar dalam kehidupan sebagai Aparatur Negara.

    Diketahui untuk tunjangan PNS khusus GURU gol rendah.

    1. Tunjangan Anak < 100.000,-/bln

    2. Tunjangan Istri < 200.000,-/bln

    3. Beras= 70.000,-/bln

    Dari daftar di atas, maka akan di dapatkan

    1. Sudah pasti anak akan kekurangan Gizi,

    2. Moga-moga Istri guru PNS pengertian

    3. Jelas sekali berdapak busung lapar n Mag

    MPR, Presiden, Menteri, DPR, dll,,, semuanya dari bangku sekolah…
    Lucunya di Negeri ini.
    "? ????????? "? ????????? "?

    Sekian Terima Kasih #

    ?????? ????? ????? ???? ???????

  • schwuin
    November 9, 2012 - 10:34 am | Permalink

    mau kaya,jgn jadi pns.pns itu pengabdian.mau dapet gaji banyak,jgn ngajuin lamaran pns dr SD dong..hahha….dari doktor kalo perlu.adil toh????
    Masalah,ditjen pajak yg dianak emaskan,wajarlah.!wong penerimaan negara lbh besar dr mereka.mending lu semua pd protes deh ke bumn! Kerja ga bener! Gaji gede2.disubsidi pula pake rapbn negara. Malu2in!

  • boy morris
    November 25, 2012 - 9:29 pm | Permalink

    kawan2ku PNS,tolong jangan perdebatkan masalah golongan,pendidikan,penghasilan,,,kita sepatutnya bersyukur atas nikmat,rizqi yang ALLOH berikan pada kita semua,apapun dan berapapun gaji yg kita dapatkan sekarang dan nanti terima saja sebab itu sudah ada yg mengatur pemerintah sebagai perantaranya hakikatnya dari ALLOH SWT.

  • sukron
    December 7, 2012 - 4:34 pm | Permalink

    Ternyata KEMENAG Yg diberitakan remunerasi per Januari 2011 tidak masuk, hadewww, Nasib, Udah WTP tapi belum masuk daftar juga terima bulan ini, jadi males ah

  • December 9, 2012 - 1:42 am | Permalink

    santol anda ini banyak ngeluh tidak bersyukur, tetangga saya jadi guru SD diperbatasan kalimantan barat, selain gaji, dpt tunj fungsional, tunj sertifikasi (gaji sebulan), tunj daerah terpencil (1 bulan gaji), total gaji guru SD 12 juta sebulan. kerja santai masuk jam 8 pulang jam 12, banyak libur, naik pangkat sekali 2 tahun dan usia pensiun 60 th

    • ijos
      December 13, 2012 - 8:15 am | Permalink

      gue setuju sama paijo, ditempatku transport guru aja, biarpun rumahnya dekat sekolah, mereka ttp sama dapat 1,6 jt perbulan, belum lagi tunjangan2 yg sdr sebut diatas, mungkin perhatian sama guru itu krn nilai politik kali ya, krn jumlah mrk kan gede

  • pak tani
    December 13, 2012 - 8:22 am | Permalink

    aneh ya, kebutuhan pertanian aja masih banyak import, tapi ternyata KM Pertanian masuk kategori pembayaran remun lho?, yang dilihat keberhasilan administrasi ato kenyataan dilapangan?

  • Miptah
    December 20, 2012 - 7:07 pm | Permalink

    Yang dimaksud Golongan I, II, III, IV itu tingkatan apa yaa ?
    Hhe,…

  • munira
    December 31, 2012 - 6:32 am | Permalink

    susahnya menghonor di Kemenag, sudah puluhan tahun belum juga jadi Pns, Honor pas-pasan, nyesel deh, lebih baik honor di Pendidikan, kalo gk jadi PNS setidaknya Masuk Honor Daerah ato Kontrak, lumayanlah, emang orang kemenag susah diharap, kurang peduli sama bawahan !

  • mariana wengkau
    January 24, 2013 - 8:31 pm | Permalink

    syukuri apa yang ada, hidup adalah ANUGERAH……..!

  • mariana wengkau
    January 24, 2013 - 8:32 pm | Permalink

    syukuri apa yang ada hidup adalah ANUGERAH..!

  • erwin
    March 4, 2013 - 8:36 pm | Permalink

    gaji pns saat ini harusnya,smestinya,paling rendah 3 juta dan paling tinggi 10 juta, baru cukup utk makan minum saja ini baru, smua mahal, gaji dikit peraturan yg ditimpalkan pada pns segudang gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  • March 8, 2013 - 12:06 pm | Permalink

    WOOOOOOOYYYYY, JADI PND MBOK YA JANGAN NGELUH EUY, BERSYUKUR, KERJANYA AJA NGGA MAKSIMAL KOK MINTA GAJINYA NAIK, SADAR WOY, BANYAK SODARA KITA YG MASIH SANGAT MIRIS, HIDUPNYA SUSAH, MAKAN AJA JUGA SUSAH, HUJAN KEUJANAN, PANAS KEPANASAN…. JADI SAYA PIKIR, PEMERINTAH HARUSNYA LEBIH PEDULI KEPADA MASYARAKAT KALANGAN BAWAH, BUKANKAH KEKAYAAN YANG ADA DI BUMI PERTIWI INI DIKELOLA PEMERINTAH UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT?????????? SO YANG JADI PNS ITU JUGA HARUS MELAYANI DENGAN TULUS DAN IKHLAS…

  • March 8, 2013 - 12:08 pm | Permalink

    PNS MAKSUDNYA :grin:

  • April 16, 2013 - 8:46 pm | Permalink

    Fantastic items from you, man. I have take note your stuff previous to and you’re simply too magnificent. I really like what you’ve got right here, really like what you’re stating and the way during which you are saying it. You are making it entertaining and you continue to care for to keep it wise. I can not wait to learn much more from you. That is actually a wonderful website.

  • galau
    July 11, 2013 - 8:34 pm | Permalink

    heran q ama orang2 tuh, sblum nglamar jdi pns kan udah tau gaji, klo emang gak cocok ya gak usah nglamar, GITU AJA KOK REPOT ! KLO KALIAN TAU KHUSUSNYA PNS ya, klo kta mo melamar di perusahaan swasta, kan ada sesi INTERVIEW, klo gk pas ama gaji ya gak dimasukin, KAN BEGITU SEBENERNYA !! q heran bgt dgn fenomena skrg yg di tv2, HAKIM JGA NUNTUT, lho seharusnya diakan uda tau dari awal brapa klo jdi hakim, KNAPA JGA JDI HAKIM ! nglamar aja di perusahaan asing kek contoh FREEPORT, q iri bgt ama pns, sedangkan kta aja hrs kerja sndiri gak ada yg gaji, itu aja kadang ada kdg gk ada duit, BERSYUKURLAH HAI KAMU PNS!!!!!! apalgi pns sering keluyuran di mal2 pada saat jam kerja, ENAK BUANGETTTTT
    :twisted: :twisted:

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>