21 K/L Akan Terima Remunerasi pada Tahun 2012

Diperkirakan sebanyak 21 kementerian/lembaga akan menerima remunerasi pada tahun 2012. Ke-21 K/L tersebut sudah dinilai tim gabungan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di instansinya.

Berikut Kementerian dan Lembaga tersebut:

1. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
2. Lembaga Ketahanan Nasional,
3. Lembaga Administrasi Negara,
4. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,
5. Kementerian Riset dan Teknologi,
6. Kementerian Perindustrian,
7. Badan Tenaga Nuklir,
8. Badan Pengawas Obat dan Makanan,
9. Badan Kepegawaian Negara,
10. Badan Koordinasi Penanaman Modal,
11. Badan Pusat Statistik,
12. Arsip Nasional RI,
13. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional,
14. Kementerian Perumahan Rakyat,
15. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,
16. Lembaga Sandi Negara,
17. Badan Narkotika Nasional, dan
18 .Kementerian Pertanian.

Terdapat tiga tahapan penerapan kebijakan remunerasi.

  1. Tahap dimulainya reformasi birokrasi, di mana kementerian/lembaga akan mendapatkan remunerasi 40 persen.
  2. Pelaksanaan reformasi sudah berjalan dan remunerasinya 70 persen.
  3. Reformasi birokrasi sudah berjalan baik sesuai aturan yang ditetapkan. Di sini K/L berhak mendapatkan remunerasi 100 persen.

 

Baca Juga:

210 Comments

  • prohaba
    March 13, 2012 - 11:37 pm | Permalink

    temen ane kerja di pajak masa kerja blm 3 taon THP-nya dah 8 jutaan gan..

  • March 14, 2012 - 8:30 am | Permalink

    Betul Pak saya heran sama pemerintah Indonesia masalah tunjangan dibedakan yang perbedaannya sangat jauh padahal mereka sama-sama PNS dan sama-sama aparatur negara serta sama-sama mengabdi kepada pemerintah tapi mengapa pemerintah selalu saja membeda-bedakan, yang di nomer satukan oleh pemerintah selalu saja PNS Depkeu dan PNS Deppajak, sunggug ironis negara ini tidak bisa memberikan keadilan kepada para PNS.

  • Jakadara
    March 23, 2012 - 12:11 am | Permalink

    Pak setigu,pns yg ada di universitas negeri medan,dpt gak ya remunerasi,balas

  • Nonot
    March 29, 2012 - 11:02 am | Permalink

    Pak setagu, apakah sudah ada tabel remunerasi/tunjangan kinerja untuk kementerian pertanian?, tk

  • Jabrik
    April 4, 2012 - 3:07 pm | Permalink

    Guru aja banyak tunjangannya,ada tunjangan fungsional, ada tunjangan profesi yang menghabiskan dana negara…. tapi tetep aja gak ada perubahan blaaaasss…… Sini yang mo dapat Remun aja gak jelas-jelas….

  • almarindo
    April 5, 2012 - 11:25 am | Permalink

    Maaf saat ini baru tau kalau pemerintah pusat sangat membedakan antara PNS Pusat dengan PNS Daerah, padahal sama-sama mengabadi kepada Republik ini, kenapa remunerasi dibedakan, saya usulkan kalau bisa disamaratakan semua PNS di sluruh Indonesia semua dapat namun disesuaikan dengan beban kerja dan prestasi kerja, thanks

  • M Abduh AR
    April 6, 2012 - 1:35 pm | Permalink

    Mau tanya, apa pengajuan remunerasi di MA terdapat kekeliruan, karena saya dengar selama ini yang diajukan itu keliru, yaitu 70 % dari tabel, seharusnya yg di tabel itu baru 70 %, jadi tidak perlu lagi mengalikan dengan 70%, kalau keliru, gimana cara mengajukan kekurangan yg sudah hampir 5 tahun ini? trims banget, pak!

  • jusaini
    April 25, 2012 - 9:24 am | Permalink

    Arsip Nasional sudah termasuk untuk renumerasi padal satu rumpun loh dengan Lembaga perpustakaan Nasional. Bagaimana dengan nilai RB lembaga perpustakaan nasional? Ingin sekali tu.. masuk daftar siap renumerasi tahun 2012.

  • suster ngesot
    April 25, 2012 - 9:54 pm | Permalink

    aduh ngantuk banget tidur dulu ah

  • ngimpi
    April 27, 2012 - 10:12 am | Permalink

    angin surga…ckckckhttp://setagu.net/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif

  • rika
    April 30, 2012 - 10:08 am | Permalink

    katanya 21 K/L, ko cuman 18 K/L…. klu kementrian Pekerjaan Umum masuk daftar ngga ?????

  • yanz
    May 16, 2012 - 10:43 am | Permalink

    JUJUR SAJA YAH, PNS DAERAH ITU DAH ADA TKD, MAKANYA PEMERINTAH JUGA BERPIKIR SEJUTA KALI DISAMPING ANGGARAN TERBATAS, KCUALI KALO SEMUA DAERAH OTONOMINYA SEMUA DILEPAS SEPERTI DULU…SAYA SETUJU KALO REMUN DISAMARATAKAN AMA PNS DAERAH, APALAGI GURU YANG GAJINYA BERLIPAT GANDA KARNA SERTIFIKASI MINTA REMUN PULA HADUUHH HADUUHHH…PEMERINTAH YANG ADILLLL DONGGGG!!!!!!

    BUAT PEMERINTAH JUGA JANGAN BEDA2KAN KEMENKEU AMA LEMBAGA /KEMENTERIAN LAENN, MEREKA ITU SAMA2 PNS PAK PRESIDENN, JANGAN KARENA MEREKA YANG NGATUR DUIT JADI MEREKA YANG DIUTAMAKAN….

    REMUN RATAKANLAH SEMUA, KALO ADA TUNJANGAN LAEN, BERIKAN LAH SEMUA SAMA KEMENTERIAN/LEMBAGA LAEN JUGA….

    BUAT PARA ANGGOTA DPR , JUJUR SAYA PNGN BANGET BICARA SEKASAR2NYA AMA MEREKA, TP SAYA MASIH PUNYA ETIKA BERBICARA…..HARUSNYA ANGGARAN DPR YANG BERTRILIUN DAN GA PENTING NTU PAKELAH BUAT KESEJAHTERAAN ABDI NEGARANYA YANG KATA MASYARAKAT NON PNS (AKIBAT ULAH PROVOKASI TV DAN MEDIA) KATANYA SEJAHTERA2…PADAHAL BULSHITTT SAMA SEKALI……MEDIA EMANG PAKARNYA PROVOKATOR

  • baiq
    May 25, 2012 - 12:14 pm | Permalink

    Remunerasi atau tidak, apakah akan ada bedanya ?
    sepertinya akan sama saja, hanya karena teriming-iming sebutan angka besar saj, semuanya jadi ngeliyer di depan mata.
    Dulu, saat pertama jd CPNS, gaji sy cuma 40 rb dgn gol.2a – sepanjang hampir 26 thn menjd PNS dgn gol.3d sekarang, sy rasa semuanya sama saja, artinya, saat gaji pas2an, hidup sy juga pas2an, nah semakin naik penghasilan, keinginan2 sy jadi makin menaik pula jenisnya (dan ini umum – melanda siapa saja).
    Jadi kalo kelak, remunerasi itu benar ada ? ya..pastinya, kita semua pengen beli pesawat kali ya…??? Pesawat Telepon minimal …

  • Pakdetom
    May 29, 2012 - 10:53 am | Permalink

    Kalo memang pemerintah tidak memerlukan LIPI lagi, lebih baik dibubarkan saja LIPI dan kasih pesangon. Janji remunerasi sejak dulu ada, tetapi kenyataannya gombal. Pemerintah gak becus ngurus peneliti kali yaaa. Aneh yaa. Pakai logika dong uang yg diterima sekarang ini apa cukup utk hidup sebulan ???

    • shamb
      May 30, 2012 - 9:16 am | Permalink

      betul..peneliti mending hijrah aja semua ke luar negeri di negara yang mau menghargai kinerja dan memberikan fasilitas layak..

      • PNS LIPI
        June 13, 2012 - 8:20 am | Permalink

        Mungkin tunggu aja tahun 2013, sembari mengerjakan kerjaan sampingan yang masing-masing

    • damar
      September 13, 2012 - 4:13 pm | Permalink

      gak usah jadi PNS klu ngeluh mulu….org di jam kerja maen catur aja mau gaji tinggi….mk nya jgn terus nge gadein sk biar gk ada potongan….

  • peneliti
    May 30, 2012 - 1:56 pm | Permalink

    BPPT ngga jadi dpt remunerasi ….Beritanya salah…
    Kalau dpt jg paling remunerasi2 -an alias boong-an

  • Liani
    May 30, 2012 - 2:03 pm | Permalink

    Harusnya dikaji ulang tuh gajinya peg. KEMENKEU…
    Si “Ibu” ex Kemenkeu (yang katanya hebat ??? )itu yg hrs kasih penjelasan, kenapa Kementeriannya paling beda sendiri???? Terbukti teteuuup bnyk yg korupsi …

  • yadin
    May 31, 2012 - 10:48 pm | Permalink

    bagusnya remun jadiin satu aja ma gaji..biar ga bikin deg degan..besok msh keluar apa nggak? jangan2 malah ilang.. :roll: :roll:

  • June 1, 2012 - 8:40 am | Permalink

    tunggu aja kalau memang udah waktunya enggak kemana2, bukan begitu bung he he emang sabar itu cape ya :mrgreen:

  • June 8, 2012 - 3:16 am | Permalink

    Indonesia mana mau maju, masa pendidikan dan riset gak dapat “insentif” lebih tinggi dari bidang lain? Masa bidang yang menghasilkan “produk” dan meningkatkan nilah malah duitnya cekak? LIPI kabarnya nomor 20 ya? Menyedihkan. Saya bukan PNS tapi supporter ilmu pengetahuan.

    • PNS LIPI
      June 13, 2012 - 8:32 am | Permalink

      Wah…,masak urutan 20…,..siap-siap meningkatkan intensitas KERJAAN SAMPINGAN nich agar Dapur rumah `NGEBUL` dan anak -anak bisa sekolah dengan lancar…,

  • Patokan
    June 10, 2012 - 4:37 pm | Permalink

    Untuk kementerian kesehatan kapan? Mohon untuk diberikan remunerasi

  • Budi
    June 11, 2012 - 12:57 pm | Permalink

    2012 : 21 Kementrian dan Lembaga Terima Remunerasi…ttpi kok yg terinci hanya 18 K/L, utk yg 3 K/L kemana?
    Apakah Kemnendikbud termasuk tidak ya…

  • a. malik
    June 15, 2012 - 11:13 am | Permalink

    mudah-mudahan terwujud sajalah. kerja yang rajin, jujur, sesuai dengan tugas kerja kita.

  • hehen
    June 18, 2012 - 10:06 am | Permalink

    halah mbelgedes remunerasi isu dari tahun 2009 s/d sekarang juni 2012 tong kosong berbunyi nyaring…..alias ngomong doang, janji melulu capek dengernya…. :?: :evil: :?: :sad: :?: :oops: :?: :shock:

  • andri
    June 20, 2012 - 10:26 am | Permalink

    TAHUKAH ANDA GAJI GURU SD DI JKT 12 JUTA SEBULAN, kerja santai msk jam 8 pulang jam 12, banyak libur. gaji dosen lebih tingg lagi dpt tunjangan fungsional, tunj sertifikasi, tunj. frofesi dan dpt proyek penelitian milyaran krn dosen SANGAT DIUNTUNGKAN sbg PENDIDIK MAHASISWA merangkap JABATAN TENAGA PENELITI

  • Tukang Tambal Ban
    June 20, 2012 - 11:32 am | Permalink

    remun BPK berapa ya?

  • suherjan
    June 20, 2012 - 10:40 pm | Permalink

    gak usah irilah,sekarang coba pilih,Uang dikasihkan ke guru2 atau dikorup oleh para dewan ? pilih mana mas ? Salam buat adikku Robin di Solo

  • nok
    July 11, 2012 - 3:49 pm | Permalink

    BPS gimana….

  • nok
    July 11, 2012 - 3:50 pm | Permalink

    BPS gimana…. :grin: :oops: :oops:

  • subono
    July 16, 2012 - 10:06 am | Permalink

    amin

  • songong
    July 17, 2012 - 7:06 pm | Permalink

    yang ngurusin kondom aja sudah mau remunerasi, terus kapan dengan pemda bpn perhubungan

  • ridho
    July 18, 2012 - 7:36 pm | Permalink

    :???: kementrian kesehatan mengapa belum ada remonerasi ,jasa mereka sangat besar untuk menyembuhkan para manusia yang sudah mau mati bahkan sekarat..coba di perhatikan untuk semuanya…,belum lagi resiko tertular penyakit dari pasien…,coba kita bayangkan apabila seluruh pegawai kesehatan tidak mau masuk kerja…bagai mana nasib para pasien yang sedang di rawat ??????apakah kementrian yang telah mendapat kan remonerasi tidak pernah sakit..???1.suatu negara tidak pernah maju apabila penduduknya bodoh…jadi wajar kalu guru mendapat sertifikasi 2.suatu negara juga tidak pernah akan maju kalu penduduknya tidak mengerti kesehatan dan pada penyakitan semua.menurut saya dua kementrian inilah yang pantas menerima remonerasi … baru kementrian lainnya…..setelah mereka pintar dan sehat baru mereka dapat berfikir jernih untuk membangun negara ini untuk terus maju trims..semoga negara ini semakin maju dan dapat mengambil keputusan secara bijak.

    • July 19, 2012 - 8:49 am | Permalink

      mohon jangan mengatakan seolah2 instansi lain tidak berguna ataupun tidak bermanfaat.
      semua instansi itu sudah ada tugas dan kewajiban masing2, jadi tidak perlu mempermasalahkan ataupun mengatakan instansi ini penting instansi itu tidak penting.
      setau saya remunerasi diterima karena sudah menjalankan reformasi birokrasi. bagi instansi yang reformasi birokrasi sudah berjalan menurut saya sah2 saja menerima remunerasi, sekarang tinggal kita melihat instansi kita sendiri saja apakan reformasi birokrasi sudah berjalan atau belum.
      sebelumnya mohon maaf dan terima kasih.

    • Andalas Rami
      July 23, 2012 - 7:58 am | Permalink

      eh pegawai kesehatan…. gue berobat ke tempat elu juga bayar gede kok… kurang bayar dikit aja gak mau ngelayanin.. ini yang minta remun gak malu apa??? belon lag korupsinya minta ampuuuuuuuuuun…. gak ketulungan, abis alat22 kesehatan kan mahl tuh… jadi korupsinya empuk

      • pegawai kesehatan
        December 1, 2012 - 11:32 am | Permalink

        ini si andalas ngomong asal njeplak aja ni. lo bayar ke instansi kesehatan kita setorin lagi ke pusat tau. dimana lu bayar mahal? di swasta? iyalah itu kan bukan pns yg nggawein. kasih conto donk kejadian apa yg lu bayar kurang trus ga dilayanin, biar jelas. justru kita juga melayanin yg punya jamkesmas alias kagak bayar sama sekali. yang korupsi alkes tu org2 diatas cung, kita dibawah mana ada lahan korupsinya? makanya jangan asal mangap ngomongnya. pegawai kesehatan mogok se Indonesia sehari aja tu pasen gawat pada Wasalam kali. lu ga pernah rasain ya gimana capeknya nahan kantuk dinas malam?? ngejagain pasen biar tetep idup?? ini gue yg ngomong pegawai kesehatan di daerah yg ngerasain banget kerja berat dengan pemasukan yg kecil. daripada jagain arsip, perasaan lebih capek gue dah!! kenapa musti MALU meminta hak saat kita udah MELAUA TUGAS dengan benar/??

  • ary
    July 18, 2012 - 10:53 pm | Permalink

    Sungguh,,,, bidang yang bekerja sangat nyata yaitu kesehatan, ko ngak diperhatikan yah., “ngak ada remunerasi”. padahal,, banyak program dan pelayanan yang langsung menyentuh masyarakat.,Tolong perhatikan PNS bidang kesehatan, terutama pemberi pelayanan langsung : dokter, perawat, bidan dan profesi kesehatan lain.

  • trio
    July 20, 2012 - 10:43 am | Permalink

    om setagu…kementrian kehutanan kapan remunerasinya?

  • arya
    July 22, 2012 - 9:39 pm | Permalink

    kasian amat kementerian perhubungan gak masuk dalam daftar yea

  • bagja binjas
    August 31, 2012 - 9:14 am | Permalink

    remunerasi saurna enjing lungsur ti mang udin,,,,,,,,

  • Indro
    September 5, 2012 - 12:11 pm | Permalink

    Om Setagu, untuk pelaksanaan 40%, 70%, 100%. itu dihitung dari rencana renum per grade itu ya

  • September 5, 2012 - 10:16 pm | Permalink

    100 %

  • Ogah
    September 17, 2012 - 8:08 am | Permalink

    Klw guru di jakarta dan di kota2 besar emang makmur dgn segala kemudahan mulai tunjangan sertifikasi dn insentiif, tp bgmn dgn guru yg dipelosok? Udah biaya hidup tinggi, tunjangan jg kalah dgn guru di kota, sertifikasi susahnya minta ampun, insentif hanya janji ja gk ada bukti. Gmn nih? Kasihan benar nasibmu guru udah dipelosok lagi jd gk pernah keliat oleh pemerintah pusat. Bersabarlah guru, mulia sekali pengabdianmu tanpa pamrih lagi.

  • yani
    September 24, 2012 - 7:58 pm | Permalink

    Kementrian perhubungan kapan di turunkan remunerasi nya ????

  • September 27, 2012 - 10:42 am | Permalink

    maaf ye……apa pantes ada kementerian yang duluan remunerasi ada yang belum? ….konon ada yang baru 30%.40% bahkan ada yang sudah 100% kalo ga salah …dan apakah pernah selama jaman orde baru membeda2kan yang ini dulu yang anu belakangan….kalo jaman dulu mau dapet uang makan 30 ribu aja pasti semua kebagian …tolong stop dulu yang mau ditambah lagi yang belum 100% jangan dulu ditambah jadi 100%, lebih baik kementerian yang belum dapat sama sekali yang diprioritaskan biar sama-sama dapat walau masih kecil……masa ya kementerian anu sudah dapat 100%…smentara kementerian anu ….1 persen aja belum dapat hanya menonton para kementerian yang sedang menikmati remun……apa itu bijak …jak….jak……………….

  • eki
    October 9, 2012 - 11:55 am | Permalink

    PER PRES NY AJA LOM NONGOL….

  • pak stephanus
    October 10, 2012 - 10:53 pm | Permalink

    usul boleh dong mas setagu, tlg ya, kami yang ada di kemenag, biar dpt jg remunerasi.
    biar bs ikut bernafas kayak yang lain.

  • eki
    October 14, 2012 - 9:15 pm | Permalink

    hmmmm

  • RICO
    October 15, 2012 - 12:31 am | Permalink

    KEMENKES kapan dapat remunerasi?

  • abdulsalam
    December 10, 2012 - 12:45 pm | Permalink

    Pancasila boleh diubah dengan menghilangkan sila ke 3 dan sila ke 5 dari pancasila, pikirkan penggatinya.

  • tukang ketik
    September 25, 2013 - 7:07 am | Permalink

    Agan dan aganwati semua…

    minta komentarnya donk?
    lebih gede mana gaji (THP) PNS di Lipi atau Dosen di bawah kemendiknas?

    Salam 10 jari..

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>